Tips Daftar Kuliah dan Memilih Program Studi agar Tidak Salah Pilih

by Ilham January
Daftar Kuliah

Setelah lulus Sekolah Menengah Atas atau SMA, tentunya Anda akan mempersiapkan diri melanjutkan pendidikan dengan memilih kampus atau universitas dengan program studi yang tepat sedini mungkin. Tujuannya tentu untuk menyiapkan perencanaan yang lebih matang dengan pendidikan yang lebih tinggi. Salah satunya dengan melakukan pendaftaran UPH atau Universitas Pelita Harapan yang memiliki beberapa jurusan sesuai dengan yang Anda tuju.

Anda tentunya harus mulai merencanakan dengan baik dan jangan sampai salah saat memilih jurusan mengingat waktu belajar Anda bukan hanya untuk satu tahun saja. Jangan sampai Anda menyesal saat berada di tengah-tengah masa studi dan bisa membuat tidak semangat kuliah. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat memilih universitas dan juga jurusan dalam rencana pendidikan Anda:

Passion yang Dimiliki

Anda tentunya memiliki passion saat akan menjalani sesuatu. Jika terlalu memaksakan akhirnya Anda tidak suka dengan program studi yang dipilih nantinya proses perkuliahan tidak dapat berjalan dengan lancar. Terlebih dahulu yakinkan diri dengan passion yang dimiliki sesuai dengan program studi yang dipilih. Meskipun mata kuliah yang dipilih tersebut sulit namun Anda akan tetap bersemangat menghadapi hal tersebut jika memang memiliki passion.

Akreditasi dan Reputasi dari Prodi

Hal pertama yang sebaiknya Anda ketahui saat akan daftar kuliah dan bisa menjadi pertimbangan adalah adanya reputasi dan juga akreditasi yang dimiliki program studi tersebut. Anda dapat melihat informasi selengkapnya di website program studi yang akan Anda pilih. Selain itu juga bisa berdiskusi dengan kakak kelas yang telah kuliah terlebih dahulu di program studi yang akan Anda pilih.

Kualitas Dosen yang Mengajar

Anda dapat melihat juga kualitas dosen yang ada pada program studi yang akan dipilih dengan melihat website resmi universitas yang dituju dalam website tersebut. Biasanya dapat diketahui kualitas dosen melalui profil yang ada. Atau bisa juga dengan melihat profil tersebut secara lengkap dengan membuka Google.

Cita-cita yang Ingin Diraih

Selain passion, cita-cita yang jelas tentunya bisa menambah semangat Anda saat belajar. Hal tersebut bisa menjadi bahan bakar yang menyemangati meskipun terdapat beberapa kendala saat Anda menuntut ilmu pada program studi yang dipilih.

Prospek Kerja

Selain cita-cita tentunya Anda harus mempertimbangkan prospek kerja lulusan dari program studi saat akan memilih jurusan dari universitas yang ada. Setelah prospek kerja diketahui maka Anda dapat memiliki pandangan lain saat akan memilih program studi.

Fasilitas yang Disediakan

Proses belajar tentunya akan berjalan dengan lancar jika didukung dengan beberapa fasilitas yang tersedia pada program studi tersebut. Fasilitas tersebut misalnya pemimpin akademi, beasiswa, perpustakaan, ruang belajar dan juga hal lainnya yang dapat menambah kualitas proses belajar. Lakukan riset di internet, diskusi dengan beberapa kakak kelas atau pun menelpon agar lebih jelas tentang program studi yang terkait.

Tidak Sekadar Ikut Pilihan Teman

Melihat siapa saja yang masuk dalam program studi tersebut kerap menjadi salah satu alasan agar memudahkan proses belajar dan mencari teman. Padahal Anda bisa mendapatkan teman baru pada program studi yang dipilih nantinya. Jadi jangan terpaku pada teman dekat yang memilih salah satu program studi.

Setelah mengetahui beberapa tips di atas tentang memilih program studi, kini Anda tidak perlu bingung lagi saat akan melakukan pendaftaran UPH. Universitas Pelita Harapan termasuk dalam Top 5 universitas swasta di Indonesia yang merupakan universitas pertama dengan memperkenalkan kurikulum berbasis multidisiplinari menggunakan infrastruktur dan fasilitas kelas dunia. Terdapat 13 fakultas yang bisa Anda pilih diantaranya arsitektur, desain komunikasi visual, ilmu hukum ilmu keperawatan, music, pendidikan guru sekolah, teknologi pangan dan juga lainnya. Tentukan pilihan yang terbaik dengan menerapkan satu persatu tips di atas agar tidak salah dalam memilih program studi.

You may also like