Tips Belajar Online, Belajar Dirumah Lebih Menyenangkan

by Ilham January
Tips Belajar Online, Belajar Dirumah Lebih Menyenangkan

Hingga pertengahan tahun, program belajar online dari rumah masih saja diberlakukan. Entah sampai kapan, namun tindakan ini diambil sebagai langkah preventif untuk mencegah penyebaran virus corona.

Meskipun demikian, tentunya tidak menyurutkan semangat anda untuk belajar bukan? Bahkan mungkin dapat dikatakan belajar dari rumah lebih menyenangkan karena lebih santai dan bebas.

Nah, di sini kami akan memberikan tips dan trik khusus untuk anda agar belajar online dirumah terasa lebih menyenangkan dan efektif. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Tips Belajar Online Dirumah

Tempat Belajar yang Nyaman dan Bersih

Siapa yang bisa belajar dari tempat yang kotor dan kumuh? Tentunya tidak ada bukan?! Tempat yang nyaman juga mendukung anda untuk lebih fokus dan konsentrasi.

Contoh tempat yang nyaman saat belajar adalah meja belajar yang jauh dari hiruk pikuk keramaian aktivitas anggota keluarga lainnya. Selain itu, hindari pula tempat yang menyulitkan untuk anda berkonsentrasi seperti kasur atau ruang tengah.

Sediakan Camilan

Inilah salah satu kelebihan program belajar online dari rumah yaitu bebas untuk ngemil meskipun pelajaran sedang berlangsung.

Sediakan camilan kesukaan anda sebagai teman untuk belajar agar tidak jenuh dan bosan. Meskipun demikian jangan sampai snack ini mengalihkan perhatian dan fokus anda ya!

Koneksi Internet Baik

Satu hal yang wajib untuk diperhatikan selama kegiatan belajar online dirumah adalah koneksi internet yang baik. Hal ini tentu saja dilakukan karena proses belajar mengajar dilakukan secara online di dunia maya.

Daripada mengambil jaringan internet dari HP melalui teathering, lebih baik anda memasang wifi yang tentunya jaringan internetnya lebih kuat.

Tambah Referensi Belajar Lain

Setelah kelas online selesai, tentunya jaringan internet di laptop anda masih tersambung bukan?! Nah, jangan terburu-buru mematikan laptop dan bermain dengan gadget.

Untuk menambah pemahaman mengenai materi yang baru disampaikan oleh guru dalam kelas online beberapa saat lalu, anda dapat membuka sumber referensi lain di internet yang tentunya lebih lengkap dan aplikatif.

Salah satu sumber referensi belajar yang dapat anda coba adalah edmodo.id. di sini anda akan menemukan ratusan materi belajar dari berbagai bidang ilmu baik yang bersifat ilmiah maupun sosial. Penasaran? Buka saja!

Nah, demikianlah beberapa tips agar kegiatan belajar online dirumah terasa lebih menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih!

 

You may also like