Pentingnya K3Lh Untuk Perusahaan Anda

by Ilham January
Pentingnya K3Lh Untuk Perusahaan Anda

Pentingnya K3Lh Untuk Perusahaan Anda, mungkin belum disadari oleh sebagian pelaku usaha. K3Lh atau Kesehatan, Keselamatan Kerja Dan LIngkungan Hidup, saat ini menjadi hal yang sangat diperhatikan dalam sebuah perusahaan.

Saat ini benyak terjadi bencana alam yang diakibatkan kelalaian manusia pada lingkungan. Sektor industry dituding sebagai penyebab terbesar kerusakaan alam. Hal ini karena pelaku industry belum begitu paham tentang pentingnya keselamatan tenaga kerja dan  penjagaan lingkungan.

Keuntungan melakukan K3LH yang baik pada suatu perusahaan adalah sebagai berikut :

  • Melindungi tenaga kerja akan hak keselamatan kerjanya. Agar dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan hidup.
  • Menjamin keselamatan masyarakat sekitar dan setiap orang yang berada di kawasan tempat kerja tersebut.
  • Menjaga sumber daya alam agar dapat digunakan secara aman dan efektif.

Pentingnya K3LH dari uraian diatas, maka wajar jika pemerintah saat ini menggiatkan  pemberlakuan Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup. Perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang trampil dan pekerjaan di perusahan tersusun secara sistematis.

Karyawan juga bisa mendapatkan jaminan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja. Hal ini bisa memberikan rasa nyaman dalam bekerja. Yang bisa membuat produktivitas kerja meningkat, tentu saja perusahaan akan diuntungkan.

Ada bebera hal yang harus menjadi perhatian perusahan dalam pemberlakuan pentingnya K3LH yaitu :

  • Lingkungan kerja

Yang disebut lingkungan kerja adalah tempat para tenaga kerja melakukan pekerjaannya. Kondisi lingkungan kerja harus sesuai dengan standar kesehatan yang berlaku. Hal ini guna meminimalkan kecakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Lingkuan disini berupa, suhu tempat bekerja, ventilasi udara, pencahayaan dan situasi kerja. I

  • Alat kerja dan bahan

Semua alat kerja dan bahan yang digunakan baik dalam proses produksi, maupun yang dikenakan karyawan. Haruslah aman dan sesuai standar kesehatan dan keselamatan. Perusahan tidak dibenarkan menggunakan alat dan bahan dibawah standar dengan alasan apapun.

  • Metode kerja

Metode atau sistem kerja yang digunakan para tenaga kerja, untuk mencapai suatu hasil kerja yang efektif dan efisien. Seperti cara pengoprasian mesin dengan benar. Waktu kerja yang ideal untuk sebuah pekerjaan tertentu.

Hal ini tentu saja bertujuan menjaga keselamatan dan kesehatan karyawan. Perusahaan harus menentukan batasan lembur bagi karyawannya. Jangan sampai terjadi kecelakaan kerja karena kelelahan. Itulah alasan Pentingnya K3LH pada perusahaan.

Saat ini telah tersedia pelatihan K3 yang bisa diiikut oleh masiswa tinggat akhir (sementer 7), mahasiswa yang baru lulus, maupun tenaga kerja sendiri, dengan pendididkan minimal D3. pelatihan diberiakan oleh instruktur  yang telah tersetifikasi dari Kementrian Ketenaga kerjaan.

Seseorang yang telah mendapatkan pelatihan K3, disebut dengan Ahli K3. Ia memiliki tanggung jawab menerangkan kepda pengusaha dan karyawan mengenai K3. Ia juga harus mengerti sistem manajemen K3, seperti pelaporan kejadian, menganalisa kejadian kecelakaan serta tindakkan pencegahan kejadian kecelakaan berulang.

Pelatihan dilaksanakan selama 12 hari dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00.  setelah lulus anda akan mendapatkan sertifikat K3 dan sertifikat lainnya seperti 9001:2015, 14001;2015, 45001:2018, SMK3 PP 50 2012 serta Internal PJK3.

Jika anda seorang pengusaha, bisa mengirimkan karyawan dengan pendididkan minimal D3, untuk mendapatkan pelatihan. Pelatihan yang diberikan oleh mentor-mentor senior dari Depnaker dan tenaga ahli lainnya.

Penerapan K3LH yang baik tidak hanya memberikan dampak pada tenaga kerja, tetapi juga keuntungan untuk perusahaan. Karena karyawan bisa bekerja optimal menghasikan suatu hasil yang maksimal. Masyarakat sekitar tidak akan merasa terganggu dengan adanya perusahaan. Jika anda merasakan pentingnya K3LH, informasi lebih lanjut bisa didapatkan pada link di bawah ini.

http://k3ll.net/

 

 

 

You may also like