Penjelasan Lengkap Mengenai Chain Block dan Fungsinya

by Ilham January
Penjelasan Lengkap Mengenai Chain Block dan Fungsinya

Penjelasan Lengkap Mengenai Chain Block dan Fungsinya – Setiap bidang industri tentunya memiliki peralatan khusus yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Apabila Anda bergelut dalam bidang industri, Anda pasti tidak asing dengan rantai yang digunakan untuk mengangkut barang yang berat.

Lebih dikenal sebagai chain block, alat tersebut merupakn rantai yang memiliki fungsi untuk mengangkat dan menurunkan benda dengan beban yang barat, umumnya menggunakan mesin khusus untuk mempermudah proses mobilisasi. Alat tersebut memiliki dua komponen, yakni dua buah roda yang dililit menggunakan rantai.

Bahan pembuat rantai ini cukup kuat, sebab terbuat dari bahan baja anti karat yang memiliki mutu tinggi. Sehingga beban yang berat dapat diangkat dengan mudah, tanpa merusak struktur dan komponen dari rantai itu sendiri. Terdapat tiga jenis yang biasanya digunakan dalam industri, diantaranya:

Twice Loop Chain

Jenis ini memiliki hand chain dan lifting chain, hand chain dapat berfungsi jika ditarik secara langsung oleh roda di dalam lifting, sehingga antai bisa mengangkat beban ke tempat lain. Di ujung rantai terdapat kain tempat Anda memasangkan sling pada benda yang hendak diangkat.

Kait Chain Block

Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis ini menggunakan kait khusus yang digunakan oleh rantai untuk mengangkat benda ke tempat yang lebih tinggi sebelum dipindahkan. Terdapat tempat jual chain block khusus untuk tipe ini, Anda bisa membelinya langsung di agen maupun produsennya.

Lifting Mechanism

Terakhir adalah jenis lifting mechanism yang terdiri dari beberapa komponen, yakni roda gigi, poros penggerak, hingga sprocket dan gandar. Jenis ini memiliki rem rantai, sehingga dapat mencegah beban turun ketika diangkat, atau beban yang terjatuh karena kurangnya pengawasan.

Kegunaan Chain Block

Terdapat beberapa manfaat dan kegunaan alat ini, terutama di bidang industri maupun konstruksi, diantaranya adalah:

  1. Pada industri konstruksi Anda bisa menggunakannya untuk memindahkan beton, semen, ataupun peralatan lain yang tidak bisa dipindahkan dengan tenaga manusia.
  2. Alat ini juga dapat digunakan di indsutri perkapalan, yakni untuk mengangkat pipa, mesin, ataupun plat untuk dipindahkan dari daratan menuju kapal maupun sebaliknya.
  3. Chain block juga dapat Anda gunakan untuk mengangkat mesin dan bahan baku manfukatur, hasil produksi, ataupun barang setengah jadi yang berukuran besar.
  4. Pada industri gas dan minyak, alat ini lazim ditemui untuk memindahkan pipa ataupun barel minyak ke tempat yang sudah ditentukan. Ia juga sering digunakan sebagai alat pembantu proses pengeboran minyak, baik di darat maupun di laut.

Untuk memilih dan membeli rantai serba guna ini, Anda sebaiknya menyesuaikan dengan jenis keperluan. Sebab alat ini memiliki jenis yang berbeda untuk fungsi yang berbeda. Terdapat ukuran khusus yang disesuaikan denga beban yang hendak diangkat oleh rantai tersebut.

Anda bisa membeli chain block di toko konstruksi terdekat ataupun dengan melakukan pembelian daring melalui agen ataupun produsennya. Harga yang ditawarkan tentu akan lebih terjangkau jika Anda membelinya secara langsung di agen resmi dibandingkan dengan tempat grosir.

Untuk lebih mudah, Anda bisa membeli peralatan tersebut di Megajaya.co.id, sehingga Anda tidak perlu bersusah payah keluar rumah untuk memilih jenis komponen yang hendak dipilih.

Itulah penjelasan singkat mengenai fungsi dan jenis dari chain block. Informasi yang lebih lengkap mengenai fungsi masing-masing jenis dan ragamnya bisa Anda tanyakan langsung kepada penjual. Semoga dengan informasi tersebut Anda bisa lebih mudah ketika hendak menentukan pilihan pada komponen tersebut.

 

You may also like