Musim Hujan Sudah Tiba, Pastikan Rumah Anda Bebas Rayap!

by Ilham January
Pastikan Rumah Anda Bebas Rayap

Suasana yang lembab karena cuaca cenderung basah akibat hujan membuat beberapa hewan yang mengganggu muncul ke rumah Anda, seperti rayap. Hewan ini berukuran cukup kecil, bagi sebagian orang hewan ini tidak terlalu mengganggu jika berhabitat di bangunan yang tidak ditempati Tetapi umumnya hewan ini dianggap dapat mengganggu dan merusak bangunan rumah yang masih dihuni.

 

Alasan Mengapa Rayap Tertarik Masuk ke Rumah Anda

Rayap memasuki rumah bukan tanpa sebab, biasanya rayap akan muncul dan melakukan perpindahan habitat besar-esaran ketika di musim hujan. Udara yang cenderung lembab menyebabkan koloni rayap mencari tempat baru untuk singgah. Umumnya rayap adalah hewan yang berbentuk kecil yang akan membangun rumah dari tanah di dinding atau kayu.

Hewan ini adalah pemakan kayu dan mampu membuatnya semakin lapuk dan keropos sehingga Anda pun akan sangat dirugikan dengan kehadiran hewan ini. Rayap bisa dibersihkan dengan berbagai cara, seperti menghancurkan rumahnya yang biasanya meninggalkan bekas di dinding, atau apapun benda yang terbuat dari kayu.

 

Cara Ampuh dan Sederhana Membasmi Rayap

Apabila Anda sangat terganggu dengan kehadiran rayap di rumah atau di sekitar Anda, maka jangan khawatir. Ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengusir sekaligus membasminya dari berbagai tempat yang penting bagi Anda, seperti pada poin berikut ini.

1. Gunakan Kapur Semut

Kapur semut adalah senjata yang sangat ampuh untuk mengusir serangga dari segala sesuatu yang penting bagi Anda. Caranya yakni dengan menggambarkan atau membuat pola garis yang mengitari benda yang tidak diinginkan untuk didatangi serangga yang merayap. Karena kapur semut tidak akan mempan pada serangga yang terbang.

2. Siramkan Bensin Atau Minyak Tanah ke Lubang Rayap

Selain memiliki rumah atau habitat yang berbentuk mirip seperti akar merambat ke dinding atau berbagai benda terbuat dari kayu. Rayap sebenarnya juga memiliki lubang sebagai tempat tinggalnya di bangunan rumah, namun jarang untuk ditemukan.

Biasanya rayap akan menyerang pada benda kayu atau bangunan dinding yang terkena kelembaban cukup lama. Untuk membasminya Anda perlu mengetahui lubang rayap terlebih dahulu, kemudian menyiramnya dengan bensin atau minyak tanah.

3. Semprot dengan Larutan Odol

Larutan odol juga sangat ampuh untuk membasmi serangga dan membuatnya tidak berdaya selama beberapa saat kemudian lumpuh. Larutan ini juga perlu Anda coba gunakan untuk membasmi sarang rayap yang bentuknya mirip seperti akar bercabang merambat di dinding.

Jika Anda pernah melihat habitatnya, maka Anda akan mengetahui bentuk tubuh fisik rayap yang kecil. Saat itulah Anda dapat menyemprotkan larutan odol agar dapat dibasmi dan tidak membuat bangunan atau benda lapuk lagi.

4. Hubungi Jasa Pembasmi Rayap

Opsi paling ampuh agar rumah Anda tidak diserang atau didatangi rayap kembali adalah dengan mendatangkan jasa basmi rayap. Anda bisa menghubunginya kapanpun ketika Anda melihat bahwa sarang rayap memasuki dan menguasai bangunan rumah. Jasa pembasmi ini akan membersihkan seluruh rayap di rumah Anda. Serta memberikan tips penting agar hewan merayap tersebut tidak datang kembali.

Meskipun bertubuh kecil, jika rayap dibiarkan tinggal di bangunan rumah Anda yang masih ditempati maka hewan ini dapat merusak dan membuat bangunan lapuk secara perlahan. Bangunan pun cenderung tidak dapat menahan beban berat jika sudah lapuk, terutama yang berbahan dari kayu di beberapa bagian bangunan.

You may also like