Merasa Kurang Percaya Diri di Antara Orang-Orang Berprestasi. Begini Pengalamanku Berada di Antara Mereka

by Ilham January
Merasa Kurang Percaya Diri

Berada di antara orang-orang berprestasi sesungguhnya memiliki banyak keuntungan. Tetapi bagaimana jika tiba-tiba kamu merasa kurang percaya diri berada di antara mereka? Pada dasarnya sifat seperti ini manusiawi, setiap manusia pasti pernah merasakan hanya saja banyak dari mereka dengan cepat menghadapinya karena jika terus terjebak, tentu itu tidak baik karena kamu akan selalu merasa bodoh, gagal, banyak sekali kekhawatiran dan berpikiran negatif mengenai dirimu sendiri. Itu akan membawa dampak buruk bagi kehidupanmu. Mulai sekarang ayo bangkit dan simak yuk bagaimana pengalaman saya menghadapinya.

 

Tanamkan hal positif pada diri sendiri

Terkadang seorang yang kurang percaya diri memiliki kekhawatiran, ketakutan, kegagalan pada sesuatu. Selalu akan berpikiran negatif sebelum memulainya. Hal ini tentu saja tidak baik bagi diri sendiri.  Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah setelah bangun tidur, berdirilah di depan cermin dan katakan,

“Aku bisa”

“Aku juga bisa”

“Aku pintar”

“Aku juga pintar”

Kata-kata positif seperti di atas sangat ampuh bila sering diucapkan sesaat setelah bangun tidur. Hal itu bertujuan untuk memberikan pikiran positif pada alam bawah sadarmu. Jika hal ini diulang secara terus-menerus secara perlahan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Jika Sahabat punya kata-kata positif lainnya, bisa banget diterapin.

 

Berpakaianlah serapi mungkin dan gunakan wewangian

Tidak dipungkiri, hal pertama yang dilihat orang lain pada diri kita adalah penampilan. Penampilan yang menarik mampu membuat orang lain berpikiran hal positif mengenai diri kita. Pakailah atasan kesukaanmu, bisa menggunakan warna kalem ataupun cerah lalu dipadu padankan dengan bawahan yang cocok dan jangan lupa semprotkan sedikit wewangian agar lebih percaya diri dan segar. Tujuannya adalah untuk menambah semangat dan memberikan energi positif pada dirimu sendiri. Kamu pun siap bertemu dengan teman-temanmu.

 

Perkaya pengetahuan dengan terus belajar

Berada di sekitar orang yang memiliki prestasi, memaksamu untuk terus belajar menyamai mereka. Kamu pun harus up to date mengenai berita terkini atau mempelajari dengan baik mata kuliah atau pelajaran tertentu. Gunanya adalah ketika kamu terlibat obrolan dengan mereka, kamu akan mengerti mengenai apa yang diobrolkan. Selain itu, tanpa sadar hal ini membuatmu ingin dan mau untuk terus belajar demi memperkaya pengetahuan. Jadi semacam mood booster dalam belajar gitu deh, Sahabat!

 

Tanpa sadar kamu mengetahui kebiasaan mereka

Terkadang kamu akan menemukan mereka memiliki kebiasaan unik. Contohnya temanmu lebih fokus belajar jika mendengarkan musik atau temanmu mampu mengerjakan tugas bahkan saat ngobrol dengan teman lainnya, bahkan ada yang lebih fokus belajar jika suasana ramai. Hal benefit lainnya adalah kamu akan mengetahui jalan pikiran mereka dalam menanggapi suatu masalah. Kamu bisa mencontoh mereka Sahabat Trivia, karena terkadang mereka memiliki pemikiran unik yang tidak diduga-duga.

 

Yakini bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan

Sebaiknya kamu tidak hanya terpaku pada kelebihan mereka yang berprestasi tetapi kamu harus ingat bahwa mereka juga memiliki kekurangan. Dengan prestasi yang mereka miliki, mungkin orang-orang tidak mempermasalahkan kekurangannya. Ingat Sahabat, tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Siapa tau jika mereka dulunya sama seperti kamu, kurang percaya diri, tapi dengan terus belajar untuk menyamai, mereka berada di posisinya sekarang.

Atasi kekuranganmu secara perlahan karena hidup terlalu berwarna jika terus berada dalam batasanmu. So, Semangat ya Sahabat.

You may also like