Mengenal Aneka Jenis Platform Website Terbaik

by Ilham January
Aneka Jenis Platform Website

Di era digital seperti sekarang ini, semakin banyak pilihan platform website yang dapat kita digunakan. Tentunya, setiap jenis platform website menawarkan beragam kemudahan dan pengaturan yang dibutuhkan oleh pengguna. Karena kini semakin banyak platform website yang mudah digunakan, tidak heran jika semakin banyak pemula yang mau mencoba membuat halaman website sendiri.

Sebelum membangun sebuah website, sebaiknya kita perlu mempelajari berbagai jenis platform website terbaik yang dapat digunakan. Lantas, apa saja jenis-jenis platform website yang terbaik? Yuk, simak ulasan berikut!

 

Ini Dia, 5 Jenis Platform Website Terbaik

Sebelum membuat sebuah website, kita memang perlu mempelajari beberapa platform website agar bisa memilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan website yang akan dibangun. Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan platform website terbaik yang bisa kita coba:

 

1. CSS dan HTML

Platform website ini sangat cocok untuk Anda yang sudah mengenal dan menguasai bahasa pemrograman. Platform ini kurang cocok untuk para pemuka karena penggunaan coding yang cukup rumit, sehingga harus memahami bahasa pemrograman CSS dan HTML terlebih dahulu.

Berbicara soal HTML, pasti tidak jauh-jauh dengan istilah CSS. Ya, keduanya memang saling melengkapi satu sama lain. HTML berperan untuk membuat halaman website yang akan ditampilkan. Sementara itu, CSS adalah sebuah pendukung yang berfungsi untuk mengatur sekaligus mengendalikan HTML supaya performanya lebih baik. Mengingat adanya keterbatasan HTML dalam menjalankan fungsinya pengaturan pemrograman, maka diperlukan CSS untuk melengkapi fungsinya agar lebih baik.

 

2. CMS

CMS atau Sistem Manajemen Konten adalah suatu aplikasi yang memuat sistem manajemen konten. Fungsinya adalah untuk mengatur, membuat, hingga mengelola konten-konten digital. Perangkat lunak yang satu ini bisa dimanfaatkan tidak hanya untuk membangun sebuah blog saja. Perangkat ini juga bisa digunakan untuk membangun website berita, portofolio, dan tutorial. Bahkan, kita juga dapat membangun website profesional berupa situs membership, toko online, forum, dan lainnya jika memanfaatkan tools yang tepat.

 

3. Joomla

Joomla disebut sebagai platform terbaik nomor dua setelah WordPress di posisi pertama. Tentu saja, platform ini memiliki banyak sekali pengguna. Joomla adalah platform yang sangat cocok Anda pilih jika ingin membangun website aplikasi online. Joomla menawarkan keunggulan yang sangat beragam. Mulai dari bantuan multibahasa, custom post types, banyak pilihan template unik, serta menawarkan manajemen user pada tingkat lanjut. Oleh karena itu, platform ini sangat cocok digunakan oleh pengguna tingkat lanjut.

 

4. WordPress

WordPress tentu menjadi platform terbaik nomor satu yang paling populer di dunia. Pengguna WordPress pun sangat banyak dan tersebar di berbagai belahan dunia. Tidak mengherankan, karena WordPress menawarkan banyak sekali kemudahan. Baik kemudahan untuk manajemen konten, publishing, editor, serta mempunyai komunitas yang sangat solid.

Baca Juga : Jasa Sewa Web Hosting

WordPress sangat cocok dipakai oleh para pemula mengingat fitur-fitur di dalamnya bisa digunakan secara mudah. Menariknya lagi, WordPress memiliki banyak layanan gratis dan juga fitur yang sangat lengkap. Oleh sebab itu, tidak heran jika penggemar platform ini sangat banyak dan menjadi platform yang paling banyak digunakan.

5. Website Builder

Website Builder sangat cocok digunakan oleh Anda yang masih pemula di dunia website. Platform ini cukup mudah digunakan. Bahkan, kita tidak harus memiliki kemampuan khusus mengenai bahasa-bahasa pemrograman seperti halnya platform lainnya. Berbagai model website, seperti blog, toko online, hingga portofolio bisa dibangun dengan mudah tanpa adanya coding.

Website Builder juga menawarkan pembuatan website yang sangat cepat. Bahkan, disebut-sebut hanya butuh hitungan menit saja, website sudah langsung aktif dan bisa digunakan. Platform ini sangat membantu dalam pembuatan website yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, website juga bisa online pada waktu yang cepat.

Platform ini menawarkan berbagai macam fitur yang cukup lengkap. Berbeda dengan platform CMS, Website Builder ini lebih diperuntukkan pada pembuatan proyek website dengan skala yang lebih kecil. Website Builder memberikan penawaran domain gratis. Selain itu, tool builder di dalamnya juga sangat mudah untuk digunakan.

Website Builder mendukung pembuatan website yang intuitif. Pengguna juga akan mendapatkan website hosting yang terbaik. Bisa dikatakan bahwa Website Builder ini adalah paket lengkap dalam pembuatan website untuk pemula. Tentu Anda tertarik dengan beragam kemudahan dan banyaknya fitur yang ditawarkan bukan?

Itu dia beberapa jenis platform website terbaik. Setiap platform menawarkan kelebihannya masing-masing. Salah satunya mungkin bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan khawatir jika Anda masih pemula, karena ada banyak pilihan platform yang mudah digunakan oleh kalian yang masih baru belajar.

Dengan banyaknya pilihan platform website, maka kita bisa bebas memilih yang mana saja. Tentunya, disesuaikan dengan jenis website yang ingin dibangun. Pastikan untuk memilih platform yang tepat, sehingga website yang dibuat bisa sesuai dengan harapan dan kebutuhan.

You may also like