Langkah Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Sendiri

by Ilham January
Langkah Yang Diperlukan Untuk Membuka Usaha Sendiri

Membuka usaha sendiri bisa menjadi suatu peluang bagi Anda untuk menghasilkan uang. Jika Anda tertarik membuka usaha sendiri, Gajimu akan memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum membuka usaha sendiri.
Saat ini, banyak orang-orang yang semakin sulit untuk mendapat pekerjaan, apalagi buat orang-orang yang tidak mempunyai keahlian khusus.

Memang tidak dapat dipungkiri, usaha sendiri terdengar sangatlah mengiurkan, menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja bisa lebih fleksible, dan keuntungan yang didapat apabila usaha itu sukses tergolong besar. Namun, resiko yang dihadapi juga jadi jauh lebih besar dibanding jadi karyawan perusahaan, nama toko unik bisa anda cari di google.com

a. Menganalisis jenis usaha terkait

Hal tersebut akan lebih baik jika didukung dengan keahlian dan pengalaman Anda di jenis usaha itu. Lakukan analisis Break Event Poin untuk menentukan potensi yang ada pada jenis usaha Anda. Kemudian jabarkan rencana usaha Anda secara detail (Sales forecast, analisis arus kas, etc). Setelah itu susun rencana pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan usaha Anda tersebut .

b. Rencanakan Usaha Anda dengan menyusun ide yang sesuai

Jika Anda akan mencari pendanaan dari luar, rencana usaha/business rencana proposal adalah suatu kebutuhan. Jika Anda akan membiayai usaha tersebut, rencana usaha juga akan membantu Anda mengetahui berapa banyak uang yang Anda akan butuhkan untuk memulai, apa yang perlu untuk dilakukan kapan, dan dimana Anda tuju.

c. Siapkan Modal

Modal adalah faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Banyak orang ingin memulai usaha, tapi tidak mempunyai modal sehingga tidak jalan. Modal bisa dihasilkan dari : modal sendiri hasil dari menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan sistem partnership. Selain modal awal, Anda juga harus mempunyai minimal tiga bulan dari anggaran keluarga Anda dalam bank

Anda dapat pula memulai usaha tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) dari suatu produk atau barang

d. Tentukan struktur hukum untuk usaha Anda

Pilih nama yang baik untuk usaha Anda
Daftarkan nama usaha Anda kepada Ditjen HKI untuk brand dagang resmi dan sah di mata hukum
Siapkan dokumen-dokumen organisasi
Uruslah surat-surat perijinan usaha, seperti Akta Pendirian perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pernyataan serta pengesahan

e. Perluas Networking Anda

Networking dapat menjadi dasar untuk kelangsungan usaha Anda. Anda bisa bergabung dengan komunitas yang berkaitan dengan tipe usaha Anda. Ini dapat Anda lakukan sebelum Anda memulai usaha sendiri, sehingga pada saat Anda mulai memasarkan produk/jasa yang Anda tawarkan, Anda sudah memiliki networking yang luas.

Yakin atau tidak, jasa laundry kiloan adalah salah satu usaha sampingan dengan modal yang cukup rendah dan dapat memberikan keuntungan yang cukup. Cukup dengan perkiraan modal sebesar Rp 6 juta-an Anda dapat memulai usaha ini. Untuk memperkecil modal Anda bisa memilih mesin cuci yang telah tergabung langsung dengan mesin pengering.

Di zaman dimana semua orang ingin serba praktis, permintaan untuk layanan mencuci dan menyetrika baju juga meningkat. Khususnya di kalangan mahasiswa dan karyawan. Dengan menempatkan usaha laundry ini di daerah yang dekat dengan rumah karyawan atau mahasiswa, Anda dijamin tidak kehabisan pelanggan. Kemungkinan besar Anda bisa meraih keuntungan 15%-25% dari tarif laundry per kilo, pendaftaran merek sangat penting segera hubungi Patendo.

You may also like