Lakukan 6 Hal Ini Agar Kamu Langsung Bekerja Setelah Lulus

by Ilham January
6 Hal Ini Agar Kamu Langsung Bekerja Setelah Lulus

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu tujuan dari sekolah tidak hanya untuk menuntut ilmu, tetapi juga untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan, adanya sekolah kejuruan hingga kuliah dengan prodi yang disesuaikan dengan minat menjadi bukti bahwa bekerja adalah tujuan akhir dari masa panjang menuntut ilmu baik di bangku sekolah maupun di bangku kuliah.

Sayangnya, persaingan dalam dunia pekerjaan semakin meningkat sehingga pendidikan saja tidak cukup menjadi jaminan bahwa kamu akan langsung bekerja setelah lulus. Bahkan dalam kasus tertentu, misalnya untuk para penyandang disabilitas, kesempatan mendapatkan pekerjaan akan semakin sulit. Namun kabar baiknya kini sudah ada website berisi informasi lowongan kerja penyandang disabilitas untuk berbagai posisi pekerjaan, mulai dari akuntansi, graphic designer, admin, dan lain-lain.

Itu sebabnya, persaingan ketat dalam dunia pekerjaan ini perlu kamu imbangi dengan trik yang kamu persiapkan dari jauh waktu agar tidak menganggur lama setelah lulus. Contohnya, seperti melakukan 6 hal ini agar langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus:

 

1. Ga Ada Salahnya Loh Sekolah/Kuliah Sambil Mencari Tahu Dunia Kerja

Pada job tertentu, perusahaan memang membuka diri bagi pelamar fresh graduate baik lulusan SMA/SMK maupun D3/S1. Tapi jika ada diantaranya yang minimal mengetahui hal dasar akan profesi yang ia kejar, pastinya perusahaan akan memilih pelamar tersebut, bukan?

Dengan demikian meski saat ini kamu masih sekolah atau masih kuliah, ga ada salahnya loh kamu cari tahu mengenai pekerjaan yang memang kamu kejar. Bila perlu belajar terjun di dunia tersebut dari sedini mungkin.

Misalnya kamu ingin menjadi seorang guru setelah lulus nanti. Dengan demikian coba deh ngajar les private atau bimbel sambil kuliah. Jadi, ketika lulus nanti kamu sudah punya ‘nilai jual’ dari pengalaman kamu.

Selain itu, hal tersebut juga bisa membantu keuangan kamu bukan? Kamu juga akan lebih mandiri, lebih banyak link, dan lebih kreatif yang mana point tersebut dibutuhkan oleh perusahaan.

Tapi jangan lupa ya, tetap prioritaskan kuliah kamu.

 

2. Jangan Terlalu Selektif Dulu

Punya pekerjaan dengan jabatan dan gaji tinggi tentunya menjadi keinginan setiap orang. Tapi ingatlah bahwa kamu masih fresh graduate. Kamu tidak bisa langsung menuntut gaji besar dan posisi tinggi dengan kondisi kamu yang belum memiliki pengalaman khususnya pada profesi yang kamu tuju.

Ketahuilah bahwa mereka yang berada di atas saat ini adalah orang-orang yang merangkak dulu dari bawah, dimulai dengan gaji dan jabatan yang pas-pasan, lalu memiliki keahlian yang menjadi nilai jual hingga mendapatkan jabatan lalu gaji tinggi sesuai harapannya.

Jadi jangan terlalu selektif. Utamakan pengalaman dahulu agar kamu punya keahlian yang bernilai mahal dan gaji yang pantas.

 

3. Ikuti Banyak Job Fair dan Perluas Relasi

Cara lain yang bisa kamu lakukan agar langsung bekerja setelah lulus adalah dengan aktif mengikuti job fair dan memperbanyak relasi.

Untuk mengikuti job fair kamu tidak harus lulus sekolah atau lulus kuliah dulu ko. Saat masih sekolahpun kamu bisa mengikuti event tersebut agar setelah lulus kamu sudah mengumpulkan banyak informasi mengenai persyaratan yang harus kamu penuhi pada profesi yang kamu incar.

Tidak ada salahnya pula kamu lebih open minded pada profesi lainnya, karena kamu tentu belum tahu pekerjaan apa yang memang pas untuk kamu sebelum kamu benar-benar terjun didalamnya.

Dengan lebih membuka diri pada profesi lain di luar tujuan profesi utama yang diincar, tentunya hal ini juga akan semakin memperbanyak relasi dan membuka peluang pekerjaan untuk kamu.

 

4. Jangan Remehkan CV

CV adalah pengenalan dasar yang kamu ajukan pada perusahaan yang kamu targetkan. Bermula dari CV lah kamu bisa lanjut pada tahap tes tulis hingga wawancara. Dengan demikian, jangan asal-asalan membuat CV ya.

Pastikan CV yang kamu buat benar-benar mewakili siapa diri kamu. Buat serapih dan semenarik mungkin, bila perlu gunakan jasa pembuatan CV.

Selain itu pastikan kamu menggunakan pas foto yang rapi, dan dandanan yang juga menarik. Jangan gunakan kamera HP untuk membuat pas foto lamaran pekerjaan, tetapi gunakanlah foto studio agar menghasilkan foto berkualitas.

 

5. Manfaatkan segala media yang tersedia dengan cara bijak

Lamaran pekerjaan saat ini bisa kamu dapatkan informasinya baik melalui job fair, koran, hingga media sosial seperti instagram. Manfaatkanlah segala media yang tersedia dengan teliti memperhatikan informasi yang benar atau hoax.

Selain itu, manfaatkan pula semua media untuk melamar pekerjaan. Hakikinya mengajukan CV pekerjaan tidak hanya bisa kamu lakukan dengan drop CV langsung di perusahaan yang kamu tuju. Kamu juga bisa mengirim CV via pos hingga via email.

Manfaatkanlah segala media yang bisa membantu proses ikhtiar kamu mendapatkan pekerjaan.

 

6. Kuasai Bahasa Asing, Teknologi, Media Sosial

Terlepas dari jurusan apa yang kamu ambil, kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Saat ini bahasa Inggris sudah menjadi sebuah keharusan, namun akan menjadi nilai plus kalau kamu juga menguasai bahasa Mandarin.

Tidak bisa dipungkiri, China saat ini telah menjadi negara adidaya menyaingi Amerika, sehingga banyak kegiatan ekonomi dan bisnis suatu negara yang berhubungan dengan China. Di Indonesia pun tidak terkecuali. Banyak perusahaan dari China yang berinvestasi di Indonesia, dan banyak importir produk China yang membutuhkan tenaga terampil yang menguasai bahasa Mandarin.

Akan lebih baik jika kemampuan bahasa asing kamu diimbangi dengan pengetahuan cukup akan tekhnologi dan perkembangannya. Jadi, persiapkanlah dari jauh-jauh waktu, seperti mencari kursus bahasa.

Ingatlah kamu juga tidak boleh gampang menyerah. Berapapun CV yang sudah kamu ajukan dan tes yang kamu ikuti, jalani dengan ikhlas, penuh semangat dan optimis. Terus perluas pertemanan dan jangan lupa, be open minded!.

 

You may also like