Kuliner Betawi yang Paling Recommended Buat Dicoba. Enak Banget Deh!

by Ilham January
Kerak telor

Apa sih, yang ada di benakmu saat harus mempromosikan kuliner Indonesia kepada turis asing? Nasi goreng? Sate ayam? Soto? Hmm, pastinya sudah banyak yang kenal dengan menu-menu itu. Rendang dan nasi padang saja sudah mendunia, sampai tercatat di Google dan dinyanyikan oleh Kvitland!

Nah, kali ini saya akan membahas lima kuliner langsung dari Betawi. Selain enak, masakan khas Betawi yang terpengaruh oleh budaya Tionghoa, Eropa, dan Arab, ternyata juga sudah terancam punah, lhoYuk, mari kita lestarikan lagi budaya sendiri. Daripada berantem terus di media sosial dan sindir-sindiran berbau politik, mending duduk bareng dan mencicipi semua makanan ini.

1. Kerak telor

Kerak telor

Kerak telor ini paling populer sebagai masakan Betawi, terutama setiap Pekan Raya Jakarta. Berbahan ketan dan ubi, kerak telor dimasak di atas tungku arang. Sekilas memang mirip martabak sih, hanya cara masaknya yang beda.

2. Nasi uduk

Nasi uduk Betawi

Nah, menu yang satu ini masih lebih gampang ditemukan di warung-warung. Mirip dengan nasi liwet, nasi uduk dimasak dengan bumbu-bumbu seperti garam, santan, daun serai, daun salam, dan daun jeruk. Wuih, lengkap banget, ya? Mau pakai telur dadar, ayam goreng, empal, kentang balado, dan sambal kacang? Boleh banget.

3. Nasi ulam

Nasi ulam betawi

Nasi ulam mendapatkan pengaruh kuat dari budaya Tionghoa. Nasi yang dihidangkan nasi pera dengan guyuran semur kentang/ telur/ tahu. Tergantung selera saja enak yang mana. Lauknya ada cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar iris, dan perkedel kentang. Mau tambah enak? Tambahkan saja sendiri dengan daun kemangi, sambal, bawang goreng, dan kacang tanah yang ditumbuk lalu ditabur di atas nasi ulam. Hmmm pasti bikin ngiler ya, Sahabat.

4. Ketupat sayur atau lontong sayur

Ketupat sayur BEtawi

Selain nasi uduk, ketupat sayur atau lontong sayur termasuk menu yang paling mudah ditemukan di warung-warung. Apalagi kalau kamu lagi butuh sarapan dan buru-buru ke kampus atau kantor. Kuah santannya yang gurih dan bawang goreng, kacang kedelai, serta kerupuk atau emping pada potongan lontong atau ketupat memang bikin nagih. Mau nambah lagi?

5. Gado-gado

Gado-gado Betawi

Nah, jangan heran bila turis asing menyebut menu ini sebagai salad-nya orang Indonesia. Habis isinya memang sayuran, sih. Ada lontong atau ketupat, sayuran, kerupuk, dan bawang goreng. Mau buat sarapan, makan siang, atau makan malam? Nikmatnya sama aja kok, Sahabat.

Sebenarnya masih banyak lagi menu yang enak dari masakan Betawi. Mana yang paling kamu suka, Sahabat ? Share di kolom komentar, ya!

You may also like