Kuliah Sambil Bekerja Ajarkan Saya 5 Hal Berharga Ini. Walau Berat, Tapi Buahnya Super Manis!

by Ilham January
Kuliah Sambil Bekerja Ajarkan Saya 5 Hal Berharga Ini. Walau Berat, Tapi Buahnya Super Manis!

Sahabat, mungkin beberapa di antara kalian pernah ada di posisi mahasiswa sekaligus pekerja. Saya pribadi pernah bekerja di saat kuliah hingga lulus. Hal itu menjadi pelajaran paling berharga dalam hidup saya hingga mengubah hidup saya selanjutnya. Berikut alasan mengapa bekerja sambil kuliah bisa menjadi pengalaman paling berharga.

 

Mandiri

Saya diwajibkan ‘berdiri di atas kaki sendiri’. Bekerja sambil berkuliah bukan tanpa alasan, tapi karena harus memenuhi kebutuhan kuliah dengan hasil sendiri. Hal ini menjadikan saya mandiri alias tidak bergantung pada orang lain, terutama orang tua.

 

Terbiasa bekerja keras

Pergi pagi pulang pagi. Itulah jargon saya saat masih kuliah dulu. Saat itu saya kuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang jadwal kuliahnya pukul 7.30 pagi setiap hari. Saya pulang kuliah pukul 3 sore dan mulai bekerja hingga tengah malam bahkan pagi hari. Belum lagi jika ada tugas kuliah, saya bisa tidak tidur. Tapi, hal itulah yang saya nilai memiliki kenikmatan tersendiri. Saya terbiasa bekerja lebih keras yang kemudian hari melatih mental saya.

 

Menghargai jerih payah orang tua

Sejak saya memenuhi kebutuhan diri saya sendiri tanpa bantuan orang tua, saya menjadi sadar bagaimana sulit dan kerasnya pengorbanan orang tua untuk memenuhi keinginan anaknya. Kesadaran itu membuat saya menghargai tiap detail jerih payah orang tua untuk anaknya. Contoh sederhana ialah saya selalu menyantap masakan yang sudah Ibu saya masak sebagai bentuk apresiasi kerja keras Ibu saya.

 

Berhemat

Selama fase kuliah, saya belajar berhemat. Sebab pendapatan tiap bulan harus saya sisihkan untuk membayar uang semesteran dan kebutuhan harian. Saya tidak bisa seenaknya berfoya-foya hanya karena saya memiliki uang. Tujuan utama saya bekerja ialah untuk memenuhi kebutuhan kuliah hingga lulus.

 

Belajar manajemen waktu, tenaga, dan pendapatan

Bekerja sambil berkuliah artinya saya memiliki dua kegiatan utama dan rutin setiap harinya. Saya sudah sepatutnya membagi waktu agar fokus di keduanya. Saya juga setiap bulan harus memanajemen pendapatan agar cukup untuk membayar kebutuhan kuliah, makan siang, hingga ongkos sehari-hari. Sudah diwajibkan para mahasiswa yang bekerja sambil kuliah untuk memanajemen waktu, tenaga, dan keuangan.

Well, Sahabat, itulah alasan mengapa bekerja sambil kuliah merupakan pengalaman paling berharga yang bisa mengubah hidupmu, ke arah lebih dewasa dan bijak. Bekerja sambil kuliah memang berat dan terkesan pahit, tapi ingatlah bahwa pengalaman yang berat dan pahit merupakan guru terbaik dalam hidup.

You may also like