Isi Waktu Saat Break Kerja dengan Lakukan Hal-Hal Sederhana. Berikut Agar Waktu Break Kerjamu Tak Sia-Sia

by Ilham January
Isi Waktu Saat Break Kerja dengan Lakukan Hal-Hal Sederhana

Bekerja berjam-jam di kantor tentu membuatmu sedikit jenuh atau lelah. Kamu perlu jeda sejenak dari pekerjaanmu saat breakBreak yang berkualitas tak dapat diukur dari berapa lama waktu yang kamu butuhkan selama break. Kamu hanya perlu melakukan hal-hal sederhana di waktu break-mu sampai kamu mendapatkan energi kembali untuk bekerja. Berikut hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu berharga saat break.

 

Break 5 – 10 menit

Siapa bilang waktu 5 hingga 10 menit untuk beristirahat tidak berguna? Memang tak banyak hal yang bisa kamu lakukan jika hanya diberi break 5 – 10 menit. Namun, dengan rentang waktu tersebut kamu bisa mencoba untuk sejenak merilekskan otak dari berbagai pekerjaan. Cobalah untuk memejamkan mata sejenak. Tariklah nafas dalam-dalam kemudian hembuskan dengan pelan-pelan. Rasakan udara segar yang masuk dan mengalir ke seluruh otakmu.

Break 15 – 20 menit

Jika kamu memiliki waktu break yang sedikit lebih lama, yaitu sekitar 15 – 20 menit, kamu bisa mengisinya dengan menggerak-gerakkan tanganmu. Kamu dapat merilekskan tanganmu dengan memutar-mutar pergelangan tangan dan jari-jarimu. Hal ini cocok dilakukan bagi kamu yang banyak menghabiskan waktu bekerja di depan komputer. Kamu bisa melemaskan jari-jarimu yang mengetik terlalu lama sehingga jarimu tak menjadi kaku.

Break 25 – 30 menit

Kamu dapat pula melakukan stretching saat mendapat waktu break antara 25 – 30 menit. Jika sebelumnya kamu hanya perlu melemaskan tangan dan jari, di waktu yang lebih panjang ini kamu bisa juga melemaskan beberapa otot yang kaku di bagian pinggang dan kaki. Lakukanlah gerakan sederhana seperti putar pinggang ke kanan dan ke kiri, menggelangkan kepala ke kanan dan ke kiri, serta sedikit gerakan pada kakimu. Selain itu, cobalah untuk memutar lagu-lagi favoritmu agar kamu lebih bersemangat melakukan stretching.

Break 35 – 45 menit

Bekerja berjam-jam tentulah membosankan. Kamu dapat berjalan-jalan santai keliling kantor jika waktu break yang kamu dapatkan sekitar 35 – 45 menit. Sesekali sapalah dan mengobrol dengan teman-temanmu di ruangan lain agar kamu lebih bersemangat. Tapi, hati-hati jangan sampai kamu menggangu pekerjaanmu temanmu. Kamu bisa juga pergi sejenak ke pantry dan buatlah teh atau kopi favoritmu. Nikmati secangkir teh atau kopimu di sana hingga waktu break-mu selesai. Kadang kamu juga memerlukan waktu untuk sendirian agar pikiranmu lebih rileks.

Break 50 – 60 menit

Waktu break terpanjang adalah saat istirahat kerja. Kamu memiliki waktu berharga selama satu jam untuk benar-benar rehat dari pekerjaan. Di rentang waktu ini kamu jelas membutuhkan asupan energi baru melalui makan siang. Pilihlah porsi makanan yang cukup untuk melanjutkan aktivitas. Ingat, jangan makan berlebihan karena bisa membuatmu mengantuk saat bekerja. Selain makan siang, kamu dapat juga memanfaatkan break yang ada untuk sejenak bersantai dengan tidur. Namun, hati-hati pula selama tidur agar tidak kebablasan. Tidur dapat membantumu untuk melemaskan otakmu yang tegang selama bekerja.

Itulah langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan selama break kerja. Break kerja membantumu untuk memulihkan pikiran dari kelelahan bekerja. Jadi, gunakan waktu break yang ada dengan kegiatan sederhana yang kamu sukai. Setelah itu kamu dapat melanjutkan pekerjaanmu dengan penuh semangat. Selamat mencoba!

You may also like