Inilah Kredit Dengan Agunan Yang Direkomendasikan Untuk Anda

by Ilham January
kredit dengan agunan

Kebutuhan manusia semakin hari semakin bertamah dan bervariatif. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut banyak hal yang bisa dilakukan terutama untuk kebutuhan yang bersifat mendesak sedangkan uang yang ada tidak mencukupi. Salah satunya ialah dengan menggunakan kredit dengan agunan.

Solusi tersebut bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Misalnya, Anda ingin membuka sebuah bisnis atau usaha untuk dijadikan sumber penghasilan. Untuk membuka bisnis tersebut tentu memerlukan modal yang tidak sedikit. Sehingga, Anda tidak bisa mengandalkan penghasilan yang sedang berjalan.

Istilah agunan cukup jarang diketahui oleh sebagian masyarakat. Agunan sendiri berarti jaminan berupa dokumen atau barang. Anda yang terjun di dunia Perbankan tentu sudah tak asing lagi dengan istilah ini. Sebab, hampir di setiap jenis Perbankan pasti menggunakan istilah ini untuk produk atau program yang ditawarkan.

Kredit dengan agunan berarti program kredit atau pinjaman dana yang dikeluarkan oleh pihak jasa keuangan dengan menjadikan suatu barang atau dokumen sebagai jaminannya. Kredit jenis ini sudah tersedia di berbagai jasa keuangan baik secara online maupun reguler. Program ini terbukti sangat membantu kebutuhan mayoritas masyarakat.

Untuk mendapatkannya Anda bisa mengajukan kredit secara online melalui CekAja.com. Persyaratan utamanya ialah berwarganegara Indonesia dan berdomisili di Indonesia. Selain itu, jika ingin mengajukan kredit Anda harus berusia minimun 21 tahun dan mencapai 55 tahun hingga proses kedit lunas. Sebagai wirausahawan, Anda bisa mengajukan program kredit ini.

Sama seperti jenis kredit lainnya, kredit dengan agunan ini juga memiliki tenor dan plafon pinjaman. Perbedaannya jumlah plafon dan tenor yang diambil harus disesuikan dengan jenis aset yang diagunkan atau dijaminkan. Setiap jenis aset yang dijaminkan akan menghasilkan plafon dan tenor yang berbeda.

Anda bisa melakukan negosiasi untuk pengambilan plafon dan tenor pinjaman yang sudah disesuaikan dengan jaminannya. Hal tersebut harus disepakati bersama oleh pihak peminjam maupun pihak pemberi pinjaman. Melalui proses secara online kesepakatan tersebut harus dilakukan dengan benar dan sungguh-sungguh serta sesuai dengan keadaan yang ada.

Salah satu jenis jaminan atau agunan yang bisa Anda gunakan dalam kredit ini ialah berupa dokumen seperti BPKB, sertifikat rumah, atau sertifikat tanah. Berdasarkan jenis dokumen tersebut, jumlah pinjaman yang bisa diberikan bisa cukup besar. Akan tetapi, hal tersebut akan ditentukan kembali jika persyaratan lainnya sudah benar dan mendukung.

Sama seperti jenis kredit lainnya, Anda juga harus mempersiapkan kelengkapan dokumen untuk pengajuan kredit dengan agunan ini. Misalnya Ktp, KK, rekening listrik, dan yang paling utama ialah dokumen yang akan diagunkan. Kelengkapan dokumen tersebut bersifat wajib karena data yang akan dihimpun mengenai Anda berasal dari dokumen tersebut.

Untuk mengajukan pinjaman pastikan Anda memenuhi persyaratan di atas. Setelah itu, buka situs pinjaman tersebut. Kemudian isi formulir pinjaman yang sudah tersedia sesuai jenis pinjaman. Formulir online tersebut akan memudahkan pemberi pinjaman dalam menghimpun data dan menyimpannya.

Isi jumlah pinjaman yang akan Anda ajukan dalam kredit tersebut. Jumlah tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai terlalu besar karena hanya akan memberatkan Anda dalam pembayarannya nanti. Apalagi, jika pembayaran Anda pada kredit dengan agunan ini macet, maka rumah atau kendaraan yang dokumennya diagunkan akan disita.

Jika sudah memasukkan besar pinjaman, berikutnya pilih jenis jaminan atau agunan. Siapkan agunan atau jaminan tersebut dengan sebaik mungkin. Pastikan dokumen atau barang lainnya merupakan milik sendiri agar pemeriksaan bisa lebih mudah. Jangan sampai menggunakan aset orang lain apalagi jika tidak berizin.

Selain itu, jaminan atau agunan harus sudah jelas kepemilikannya. Jangan sampai masih dalam sengketa dan belum jelas kepemilikkannya. Hal tersebut bisa menyebabkan pengajuan kredit Anda ditolak karena akan menyulitkan pihak pemberi pinjaman. Jadi pastikan Anda bijak dan juur dalam menggunakan kredit dengan agunan ini.

Setelah itu, pilihlah jangka waktu atau tenor. Pastikan waktu yang dipilih sesuai dengan keadaan dan kesanggupan Anda. Lihat pula kebutuhan Anda lainnya diluar kewajiban membayar angsuran pinjaman. Jangan sampai Anda memilih tenor yang terlalu cepat atau terlalu lama. Jika kurang tepat, Anda bisa saja akan kerepotan untuk membayar angsuran.

Jangka waktu atau tenor yang dipilih akan menentukan jumlah angsuran per bulannya. Dari jumlah angsuran tersebut lihatlah situasinya apakah Anda bisa sanggup membayar jumlah angsuran tersebut perbulannya atau tidak. Intinya harus disesuaikan dengan kemampuan dan kesanggupan membayar yang telah disetujui oleh semua pihak.

Jika sudah lengkap, kemudian klik bandingkan. Dengan mengklik bandingkan, maka Anda akan terhubung dengan produk pinjaman atau kredit yang bisa Anda pilih. Anda bisa memilih kredit dari mana dan kemana Anda bisa membayarnya. Anda bisa memilih program kredit dengan agunan terbaik di Indonesia melalui situs ini.

Dalam jenis kredit ini, Anda harus memiliki komitmen yang kuat. Sebab, tanpa komitmen tersebut proses kredit tersebut tidak akan berjalan dengan semestinya. Jika Anda berkomitmen dengan baik pada awal proses, saat proses pembayaran angsuran Anda akan bersungguh-sungguh dalam mencari uang untuk membayar angsuran.

Selain itu, jika sudah jatuh tempo untuk membayar angsuran maka Anda akan segera membayarkannya tanpa telat. Dan yang paling penting ikuti alur dan aturan yang diberikan oleh pihak pemberi pinjaman tersebut.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan informasi yang sesuai dengan keinginan Anda dan pihak pemberi pinjaman bisa di lihatĀ  https://www.cekaja.com/kredit-dengan-agunan/. Jangan sampai memaksakan kehendak namun Anda tidak bisa melunasi pada waktu yang tepat. Akibatnya aset yang Anda miliki bisa disita. Semoga bermanfaat.

You may also like