Ini Dia Prosedur dan Cara Mudah Membuat SLF Secara Umum

by Ilham January
Ini Dia Prosedur dan Cara Mudah Membuat SLF Secara Umum

Tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk? Mungkin SLF menjadi hal wjaib yang rutin anda urus pembuatannya. Apa itu SLF? SLF atau Sertifikat Laik Fungsi merupakan sertifikat yang menunjukan bukti kelayakan sebuah bangunan karena telah memenuhi standar operasional yang telah ditetapkan.

Karena menyangkut izin atas keamanan dan kelayakan bangunan, tentunya SLF ini memiliki alur dan cara pembuatan yang cukup rumit. Seperti apa detailnya? Simak ulasan di bawah ini tentang prosedur dan tata cara membuat SLF untuk mengetahui jawabannya!

Persyaratan Dokumen Pengajun SLF

  • Surat Berita acara yang menyatakan bahwa pembangunan telah selesai dilaksanakan. Surat pernyataan tersebut harus mengandung pernyataan bahwa proses pengerjaan telah sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
  • Laporan direksi pengawas yang terdiri dari:
  1. Fotokopi surat penunjukan direksi pengawas dan pemborong
  2. Fotokopi TDR/SIUJK pemborong dan dan SIPTB dari direksi pengawas
  3. Laporan pembangunan bertahap yang dikeluarkan direksi pengawas
  4. Pernyataan atau keterangan yang menyatakan bahwa proses pembangunan telah selesai yang disesuaikan dengan IMB yang diterbitkan oleh Koordinator Direksi Pengawas
  • Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang terdiri dari:
  1. Pernyataan Keputusan IMB
  2. Lampiran Peta dan Rencana Kota
  3. Lampiran Gambar arsitektur IMB
  • Untuk gedung dengan jumlah lantai cukup banyak, harus disertai surat Rekomendasi dan Berita Acara yang menerangkan hasil uji coba perlengkapan dan instalasi bangunan. Berita Acara tersebut harus meliputi:
  1. Instalasi kebakaran
  2. Instalasi listrik arus kuat dan cadangan listrik lain
  3. Instalasi air bersih
  • Lampiran berupa gambar:
  1. Lampiran keamanan dan keselamatan bangunan
  2. Lampiran gambar Bangunan dari 3 sisi
  3. Denah resapan air hujan yang dilampiri dengan SRAH

Prosedur Pengajuan Permohonan SLF

  • Setelah pembangunan selesai dilakukan, seluruh berkas yang persyaratan seperti tertera di atas diajukan ke Suku Dinas Perizinan Bangunan Wilayah Kota setempat. Biasanya satu wilayah dengan wilayah lain memiliki kewanangan dan otoritas berbeda mengenai instansi yang diberikan tanggung jawab atas pembuatan SLF ini.
  • Berkas persyaratan kemudian akan diajukan ulang ke Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan untuk mengkaji proses penilaian lapangan.
  • Setelah selesai dilakukan pengujian dan penilaian, Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan akan menerbitkan surat rekomendasi untuk penerbitan SLF.
  • Apabila gedung telah dianggap memenuhi standar operasional dan keamanan, SLF baru dapat diterbitkan
  • Dinas terkait yang ditunjuk akan mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik atau penyedia jasa pengurusan SLF yang ditunjuk
  • Setelah terbit SLF dapat diambil di Loket Pelayanan Suku Dinas Perizinan Kota setempat

Gimana sudah paham kan bagaimana prosedur pengurusan SLF? Kalau Anda merasa ribet, tidak perlu bingung karena saat ini sudah ada banyak sekali jasa pengurusan SLF yang bisa membantu Anda. Nah, demikianlah ulasan singkat tentang prosedur dan cara mudah untuk mengajukan Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk anda, terima kasih!

You may also like