Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih pakaian seragam kerja 

by Ilham January
pakaian seragam kerja

Menggunakan pakaian seragam kerja adalah hal yang lumrah dilakukan dalam suatu perusahaan. Bukan hanya agar terlihat kompak, namun pakaian seragam kerja juga digunakan untuk menunjukkan identitas perusahaan. Memilih pakaian seragam kerja yang tepat dan sesuai tentu tidak mudah karena ada banyak orang yang memiliki selera berpakaian yang berbeda – beda. Yang paling terpenting adalah bahwa karyawan harus merasa puas dengan seragam dan bangga menggunakan pakaian seragam kerja sehingga dapat memicu semangat kerja karyawan. Berikut akan dibagikan beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin memilih pakaian seragam kerja yang sesuai dengan perusahaan Anda.

  1. Jenis Bahan 

Pemilihan bahan untuk pakaian seragam kerja haruslah dipikirkan dengan seksama karena harus pula disesuaikan dengan kondisi kerja dan kebutuhan karyawan. Bahan yang nyaman tentu akan menjadikan pakaian seragam kerja yang dikenakan karyawan nyaman juga. Kenyamanan ini tentu akan berefek baik pada kinerja mereka. Harus disesuaikan juga bahan dengan divisi masing – masing karyawan. pakaian seragam kerja untuk bagian gudang haruslah memiliki bahan yang berbeda dengan pakaian seragam kerja untuk bagian front office.

  1. Model 

Model pakaian seragam kerja haruslah dapat mencerminkan image perusahaan sehingga setiap orang yang melihat seragam tersebut langsung tertuju pada perusahaan. Model baju sangatlah beragam, oleh karenanya haruslah pintar – pintar memilih. pakaian seragam kerja yang bagus adalah yang memiliki model yang sesuai dengan bidang pekerjaan. Misalnya saja jika perusahaan bergerak dalam bidang keuangan yang syar’i maka pakaian muslim yang panjang adalah model yang pas. Sedangkan untuk perusahaan yang lebih banyak mengharuskan karyawan untuk bekerja di lapangan, maka baju lengan pendek lebih pas.

  1. Warna 

Warna dari pakaian seragam kerja juga hal yang harus dipikirkan. Biasanya warna akan disesuaikan dengan logo perusahaan. Ada perusahaan yang dikenal karena memiliki warna yang khas. Oleh karenanya warna pakaian seragam kerja juga harus dipilih dengan tepat dan benar.

  1. Ukuran 

Baju yang digunakan sehari – hari pastinya memiliki ukuran yang berbeda – beda dari satu orang dengan orang yang lain. Begitu juga dengan pakaian seragam kerja, buatlah seragam yang memiliki varian ukuran yang berbeda – beda menyesuaikan dengan ukuran tubuh karyawan. Namun jika memang mau membuat hanya satu ukuran, pastikan untuk membuat ukuran normal yang biasa digunakan oleh rata – rata orang Indonesia.

  1. Harga Bahan

Harga kain adalah salah satu faktor yang penting. Jangan sampai ingin membuat pakaian seragam kerja yang bagus dan berkualitas tapi memilih harga kain yang murah. Harga berbanding lurus dengan kualitas bahan. Membeli kain dalam jumlah yang banyak biasanya akan dikenakan biaya grosir.

You may also like