Cara Pintar Dengan Obligasi Online

by Ilham January
Cara Pintar Dengan Obligasi Online

Obligasi online adalah salah satu jenis investasi yang kini banyak diminati terutama di perkotaan. Investasi adalah simpanan jangka panjang atau sesuai dengan kesepatan di awal. Pada umumnya Anda lebih mengenal investasi dalam bentuk simpanan seperti tabungan atau pun deposito.

Kebanyakan orang hanya mengenal tabungan atau pun simpanan lainnya untuk menyimpan dan mengembangkan dana yang dimiliki. Karena lebih mudah dalam proses hingga pencairan dana serta dimiliki oleh semua jenis bank. Sesungguhnya ada jenis lainnya yang dapat membantu Anda untuk memanfaatkan dana yang ada.

Seiring dengan perkembangan jaman juga dunia keuangan, Anda kini memiliki banyak pilihan untuk menyimpan sekaligus memaksimalkan dana sehingga mendapat kelebihan atau pun bunga. Salah satunya adalah dengan obligasi, dimana dana Anda akan dapat tersimpan dengan aman dan bekerja untuk mendapatkan bunga.

Obligasi merupakan sebuah surat berharga yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh pemerintah, korporasi atau pun pihak lainnya. Memiliki tujuan untuk mengumpulkan dana dan akan dibayarkan kembali sebesar pokok hutang ditambah dengan kupon bunga pada saat telah jatuh tempo sesuai dengan kesepakatan.

Umumnya Anda lebih mengenal obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah karena adanya jaminan pembayaran dikemudian hari. Sebenarnya ada pihak-pihak lain yang juga mengeluarkan obligasi seperti Badan Usaha Milik Negara. Jenis obligasinya pun ada yang dalam mata uang Rupiah dan mata uang asing seperti USD serta EURO.

Kini Anda tak perlu repot untuk mengantri dan mengurus langsung saat ingin berinvestasi melalui obligasi. Obligasi online adalah salah satu produk atau pun layanan dari bank seperti HSBC. Dengan layanan online dan Anda sebagai nasabahnya, memiliki obligasi menjadi sangat mudah dan lengkap pilihannya.

Jika kini Anda berniat untuk memiliki obligasi maka ada baiknya mengenal jenis-jenisnya, yaitu:

  • Obligasi negara terbagi menjadi tiga denominasi;
  • Rupiah diantaranya adalah obligasi negara Indonesia tenor pendek, obligasi negara Indonesia tenor panjang, obligasi negara ritel seri ORI dan sukuk negara ritel.
  • USD diantaranya adalah obligasi dengan tenor pendek dan panjang.
  • EURO dalam bentuk obligasi tenor pendek.
  • Obligasi BUMN yaitu;
  • Pertamina
  • perusahaan Gas Negara
  • Indonesia Asahan Aluminium Persero

 

Manfaat dibalik investasi obligasi online.

Sekarang ini investasi menjadi sangat mudah dan banyak pilihannya. Apalagi jika Anda berinvestasi di tempat yang tepat dan memiliki jaminan pengembalian dana serta bunga tepat pada waktunya. Bahkan ada pula yang memiliki kebebasan untuk mencairkan sebelum waktunya.

Sebelum Anda menentukan akan berinvestasi dalam bentuk apa, akan lebih baik mengetahui manfaatnya. Seperti manfaat berinvestasi dalam bentuk obligasi, diantaranya:

  • Anda akan memiliki pendapatan tetap atau regular selama masa investasi.
  • Tingkat pengembalian yang umumnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito dalam jangka waktu yang sama.
  • Adanya potensi keuntungan dari kemungkinan naiknya harga obligasi.
  • Adanya kebebasan dalam mencairkan obligasi walaupun belum jatuh tempo.
  • Anda memiliki kebebasan dalam memilih jenis obligasi dengan pilihan jangka waktu yang beragam.

Dengan kini Anda mengetahui jenis serta manfaat dari investasi melalui obligasi, maka akan dapat lebih memaksimalkan dana yang dimiliki. Dengan berbagai pilihan obligasi yang ada, Anda semakin leluasa memilih mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan. Apalagi Anda dapat memilikinya melalui bank kepercayaan banyak nasabah.

Dengan obligasi, Anda dapat lebih menghemat waktu dan cepat memilikinya. Kini saatnya Anda mendapatkan hasil maksimal dengan dana yang dimiliki melalui obligasi online. Jangan menunggu lagi, segera miliki salah satunya.

 

You may also like