Mau Postmu Viral? Kenali 7 Langkah Ini Buat Postingan Viral, Tapi Bertanggung Jawab!

by Ilham January
7 Langkah Ini Buat Postingan Viral

Hari gini siapa sih yang nggak kenal media sosial? Hampir semua orang dewasa dan remaja menggunakannya. Bahkan ada juga anak-anak yang telah ikut menikmatinya. Memang banyak kemudahan yang diperoleh, namun tak jarang media sosial juga menimbulkan efek negatif.

Hal sederhana yang sedang sering terjadi adalah adanya perang opini atau komentar dalam menyikapi suatu permasalahan. Kadang hal sepele bisa jadi panjang pembahasanya. Akibatnya, antar tetangga bisa saling menghujat, antar sahabat bisa saling memaki. Duh, sayang banget kan?

Namun, kamu memang tak bisa menutup mata dari dasyatnya efek media sosial ini. Apa pun yang telah kita publish, maka itu telah menjadi milik umum, yang artinya semua orang bisa membaca dan memberikan komentar. Untuk menghadapi perang komentar di media sosial, saya biasanya melakukan hal-hal berikut. Semoga bisa bermanfaat buatmu juga ya.

1. Sebelum menuliskan sesuatu, pikirkan dahulu apa manfaat dari tulisan ini nanti. Jika dirasa bermanfaat, bisa kamu lanjutkan. Menebar tulisan yang bermanfaat juga termasuk membagikan ilmu yang bermanfaat. Tentu saja ini berpahala.

 

2. Memahami betul bahwa setiap orang pasti mempunyai pikiran dan cara pandang yang berbeda-beda. Jadi, wajar jika nanti ada yang tak sependapat dengan kita.

3. Jika ada yang tak sependapat dengan kita, hadapi dengan sopan, santai saja. Tak perlu kata-kata kasar yang menyakitkan untuk mempertahankan pendapat kita. Biasanya dari kata-kata kurang sopan yang memancing komentar, jadi melebar dan menimbulkan perang.

4. Sebagai penulis postingan, akan senang jika tulisanmu dibaca banyak orang. Jika ada yang memberi kritik, masukan, bahkan tak setuju pun, anggap sebagai review atas tulisan. Ambil positifnya sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas tulisan selanjutnya.

5. Saya termasuk orang yang tak suka berdebat. Jika sudah dijelaskan dan masih ngotot pada pendapat masing-masing, ya sudah, silakan saja. Tak perlu berlelah-lelah menghabiskan tenaga untuk menyatukan hal yang sudah jelas berseberangan. Beda pendapat itu nggak papa. Biasa aja.

6. Tak perlu terlalu serius mencari jalan agar orang lain bisa menerima pendapatmu.

7. Berterima kasih pada orang-orang yang berkomentar tak setuju, pemberi kritik, bahkan pembully sekalipun. Dari mereka, tulisanmu bisa eksis, diperhatikan, dan dibahas. Dari mereka pula kamu jadi tahu ada cara pandang yang berbeda denganmu.

Tujuh hal di atas lumayan bisa mengurangi tingkat stres dan hasrat berantem yang timbul atas ramainya komentar di media sosial. Sejatinya berhubungan di dunia maya tak jauh berbeda dengan kehidupan nyata. Adab dan sopan santun serta tenggang rasa tetaplah diperlukan. Jika kamu segan dan hormat pada teman, guru, orang tua di alam nyata, seharusnya kamu juga bisa melakukannya di dunia maya. Santunlah dalam berkomunikasi di media sosial. Berbeda boleh, berantem jangan.

You may also like