Liburan Sambil Bekerja di Bali? 6 Alasan Kamu Harus Mencoba Bekerja di Ubud, Bali

by Ilham January
6 Alasan Kamu Harus Mencoba Bekerja di Ubud

Berapa kali kamu berlibur ke Bali? Bali tak melulu hanya pantai kuta loh. Pernahkah kamu mengeksplorasi pulau-pulau kecil di sekitar Bali? Jika kamu punya waktu dan anggaran yang cukup, banyak pulau yang lokasinya tidak jauh dari Bali dan tak kalah mempesona. Di bawah ini ada tujuh pulau yang bisa kamu jangkau dari pantai atau pelabuhan di Bali.

 

1. Nusa Penida

Pulau ini menjadi surga bagi banyak spesies burung, bahkan beberapa jenis burung yang hampir punah memiliki habitat asli di pulau kecil ini. Nusa Penida termasuk bagian dari Kabupaten Klungkung, letaknya di tenggara Pulau Bali. Untuk mengunjunginya, kamu bisa menggunakan kapal kecil dari Pantai Sanur. Kamu hanya harus membayar Rp. 40.000 untuk perjalanan selama 90 menit. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa menggunakan fast boat, skitar 50 menit perjalanan. Tentu biaya yang dikeluarkan sedikit lebih mahal, yaitu Rp. 75.000 rupiah.

Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selama berada di Nusa Penida, seperti Pantai Atuh, Pantai Uug, Pantai Kristal, Mata Air Seganing, dan Pantai Suwehan. Kamu tidak akan kesulitan menemukan tempat menginap, karena ada banyak hotel dan bungalow yang bisa kamu sewa untuk bermalam. Selain wisata pantai, di Nusa Penida juga terdapat sebuah pura yang letaknya di dalam gua, namanya Pura Goa Giri Putri di Desa Pekraman. Pura ini merupakan tempat persembahyangan umat Hindu untuk memuliakan Dewa Shiva. Di dalam gua, kamu bisa menyaksikan stalaktit dan susunan batu kapur yang menakjubkan. Sebuah festival tahunan juga akan segera digelar di pesisir pantai Banjar Nyuh, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida. Kegiatan ini akan di buka dengan penampilan Tari Baris Jangkang Nusa Penida, yang melibatkan 1000 penari laki-laki dari kalangan pelajar dan masyarakat. Ada beberapa agenda yang akan diselenggarakan dalam festival ini antara lain, touring ke sejumlah tempat wisata di kawasan Nusa Penida, lomba perahu layar, lomba renang masal, pameran UMKM, lomba photography, dan transplantasi terumbu karang. Jika ingin datang, kamu bisa berkunjung untuk menyaksikan festival tahunan ini pada tanggal 7 sampai 9 Oktober 2016. Jangan samapai kelewatan ya!

 

2. Nusa Lembongan

Letak Nusa Lembongan dekat dengan Nusa Penida dan Nusa Ceningan. Pulau kecil ini juga masih berada di kawasan Bali Tenggara, yaitu di Kabupaten Klungkung. Jika berkunjung ke Lembongan, kamu bisa menemukan keindahan pulau kecil yang berbeda dengan pulau lainnya. Kamu akan jarang sekali menemukan kendaraan seperti mobil dan motor, karena akses untuk kendaraan di Nusa Lembongan sangat terbatas. Wisatawan yang berkunjung kesini hanya mengandalkan sepeda gayung. Tempat-tempat wisata yang wajib kamu kunjungi selama berada di Lembongan adalah goa-goa alami dan buatan, jembatan kuning yang panjang, dan tebing-tebing laut yang indah dan menantang. Kamu juga tidak boleh kelewatan untuk menelusuri hutan bakaunya. Deretan pantai memesona seperti Pantai Tanjung Sanghyang, Pantai Pasir Putih, Pemalikan, Selagimpak, Selambung, Dream Beach, Sunset Beach, dan Leboah yang merupakan pusat rumput laut di Lembongan patut kamu kunjungi.

 

3. Nusa Ceningan

Jika kamu berkunjung ke Nusa Lembongan, jangan lewatkan untuk mampir ke Nusa Ceningan. Kamu tidak perlu menggunakan boat atau perahu untuk pergi ke sana. Dari Nusa Lembongan kamu cukup melewati jembatan kuning panjang yang menjadi akses penghubung kedua pulau. Keelokan bawah lautnya bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang ingin snorkeling, diving, bahkan surfing. Selain kecantikan dari pemandangan alam dan lautnya, terdapat beberapa tempat suci yang sering dikunjungi masyarakat beragama Hindu. Seperti Pura Batu Banglas/Goa Raja, Pura Bakung, Pura Tirta Dalem Buhu, Pura Batumelawang, Pura Tri Adhi Sakti, dan pura lainnya. Setiap pura memiliki fungsinya masing-masing, dan kamu bisa berfoto di depannya.

 

4. Pulau Peninsula

Untuk mengunjungi Pulau Peninsula kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk. Pulau ini berada di kawasan Kabupaten Badung, tepatnya di daerah Nusa Dua. Tempatnya sangat luas, terdapat jogging track yang banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berolahraga atau sekedar jalan-jalan. Ada sebuah patung setinggi 17 meter yang menjadi ciri khas pulau ini, namanya Patung Kresna Arjuna dan diresmikan pada tahun 2012 silam. Kebanyakan wisatawan datang ke Pulau Peninsula untuk bersantai menikmati pemandangan pulau yang cantik.

 

5. Pulau Menjangan

Pulau kecil Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Letaknya lima mil dari barat laut Pulau Bali. Di kawasan ini, kamu akan menemukan banyak menjangan, yang dalam bahasa setempat artinya rusa atau kijang. Pulau Menjangan terkenal dengan wall diving terbaik di Bali. Hal itu karena terumbu karang dan biota lautnya sangat terjaga. Terumbu karang di Pulau Menjangan ini menjadi habitat bagi karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Aliran arus yang tenang menjadikan taman bawah laut sekitar Menjangan adalah tempat hidup bagi tuna, gerombolan jackfish, penyu laut, bahkan hiu. Jadi bagi kamu pecinta bawah laut, segera persiapkan diri untuk berkunjung ke Pulau Menjangan.

 

6. Nusa Dharma

Hampir mirip dengan Pulau Peninsula, Nusa Dharma terletak di Kabupaten Badung. Ukuran pulaunya lebih kecil dibandingkan Peninsula. Disana terdapat padang rumput yang luas dan dilengkapi trek jogging. Di pulau ini ada sebuah pura bernama Pura Nusa Dharma yang letaknya cukup jauh di ujung pulau yang sering digunakan sebagai tempat persembahyangan bagi umat Hindu. Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan pantai dari atas tebing yang tentunya sangat memesona.

 

7. Pulau Serangan

Berkunjung ke Pulau Serangan, kamu akan disuguhkan dengan wisata yang unik dan menarik. Letak Pulau Serangan hanya 10 kilometer dari pusat Kota Denpasar. Kamu tidak perlu menggunakan kapal atau boat untuk menuju Pulau Serangan karena sudah ada akses jalan yang bisa dilalui kendaraan seperti mobil dan motor. Disana terdapat objek penangkaran penyu yang dikelola oleh Turtle Conservation and Education Centre (TCEC). Tujuan penangkaran penyu ini adalah untuk melindungi penyu dari kepunahan. Kehidupan di daerah Serangan unik sekali jika kamu perhatikan. Ada dua suku yang mendiami Pulau Serangan, yaitu suku Bali dan suku Bugis. Keduanya telah hidup dengan harmonis sejak dulu. Kamu juga akan menemukan banyak petani rumput laut yang menghasilkan berbagai olahan rumput laut dan tentu bisa menjadi oleh-oleh untuk sanak saudaramu. Pulau Serangan memiliki wisata pantai yang tidak kalah menarik. Ada Pantai Penyu dengan ombaknya yang cocok bagi para pecinta surfing dan Pantai Reklamasi Serangan dengan keindahan sunsetnya.

Karena Bali tidak hanya tentang Pantai Kuta, tujuh rekomendasi pulau di atas bisa jadi pilihan kamu saat berwisata ke pulau dewata. Selamat berlibur!

You may also like