3 Obat Gusi Berdarah Sesuai dengan Penyebab yang Dialami

by Ilham January
Gusi Berdarah

Obat gusi berdarah banyak dicari bagi kita yang mempunyai masalah gusi berdarah. Penyakit gusi berdarah ini mungkin sebagian  kita memandang sebagai penyakit gusi yang biasa-biasa saja, akan tetapi perlu kita ketahui penyakit gusi berdarah tidak boleh sembarang kita sepelekan, sebab jika dibiarkan akan menjadi masalah kesehatan lainnya. Gusi berdarah yang parah perlu kita obati secepatnya dengan obat gusi yang tepat.

Cara kita memilih obat gusi berdarah adalah dengan cara mengenali penyebab gusi berdarah tersebut, seperti karena akibat peradangan, cedera pada mulut, infeksi atau akibat kondisi medis tertentu.

Untuk itu, mari kita cari tau obat untuk mengatasi gusi berdarah sesuai dengan penyebab gusi berdarah yang kita alami;

Obat Pereda Nyeri

Seperti yang kita rasakan gusi yang berdarah ada yang menimbulkan rasa nyeri tapi ada juga yang tidak. Bila kita mengalami penyakit gusi berdarah bisa Anda gunakan obat pereda nyeri. Manfaatnya adalah mampu meredakan rasa sakit dan ngilu pada gusi dan bahkan bisa menjadi obat penyegahnya. Sekarang banyak apotek yang menyediakan obat pereda nyeri gusi yang cocok untuk masalah gusi Anda.

Antibiotik

Gusi berdarah juga disebabkan karena bakteri yang menyerang alat mekanik kita (mulut) utamanya pada area gusi yang menyebabkan infeksi pada gusi sehingga membuat gusi menjadi berdarah.

Untuk masalah gusi yang disebabkan oleh bakteri, antibiotik merupakan obat gusi berdarah yang cocok untuk penyakit gusi Anda yang satu ini. Antibiotik mampu membunuh bakteri jahat sehingga infeksi pada gusi bisa teratasi dan dicegah sedini mungkin.

Akan tetapi, perlu kita pahami bahwa antibiotik tidak boleh diminum sembarangan. Antibiotik yang baik untuk gusi berdarah adalah yang sesuai dengan resep yang telah dibuat oleh dokter.

Dokter biasanya memberikan Anda jenis antibiotik yang cocok untuk Anda. Cara pakai dan takaran dosis yang telah disarankan oleh dokter harus Anda perhatikan dan lakukan dengan benar jangan sampai asal-asalan, karena jika Anda tidak menerapkan anjuran dari dokter penyakit pada gusi Anda akan menjadi lebih sulit untuk diobati.

Oleh karena itu, mulai sekarang minumlah obat sesuai dengan anjuran dari dokter. Bila Anda khawatir masalah efek samping terhadap obat yang Anda minum bisa langsung Anda konsultasikan ke dokter.

Larutan Hidrogen Peroksida

Larutan ini adalah obat kumur yang dikenal mampu mengatasi gusi berdarah. Kegunaannya yang bisa membunuh bakteri sekaligus menghentikan pendarahan pada gusi menjadi cocok jika larutan obat kumur yang satu ini Anda gunakan sebagai obat gusi berdarah.

Obat kumur ini aman Anda gunakan tanpa resep dokter. Akan tetapi perlu diingat larutan peroksida ini tidak boleh digunakan secara murni, harus dicampur dengan segelas air karena kalau tidak akan menyebabkan iritasi pada mulut.

Nah, untuk pencegahan selanjutnya agar tidak terjadi lagi penyakit semacam gusi berdarah ini, disarankan untuk lebih rajin sikat gigi dan kumur-kumur. Jangan lupa jaga asupan asupan vitamin C dan K sebab asupan vitamin C bisa membasmi bakteri yang menyerang pada gusi dan juga bisa menguatkan sistem imun. Sedangkan vitamin K bisa meningkatkan pembekuan darah sehingga gusi berdarah bisa segera diatasi.

Jika Anda perokok cobalah untuk berhenti merokok sebab bila Anda merokok bakteri yang ada pada gusi menjadi semakin berkembang biak. Hemat saya, berhenti merokok adalah obat gusi berdarah yang paling ampuh.

 

 

 

 

 

 

You may also like