10 Obat Herbal Untuk Darah Tinggi

by Ilham January
Obat Herbal Untuk Darah Tinggi

Tanaman herbal untuk darah tinggi sudah disediakan alam semesta agar dapat membantu menurunkan hipertensi meskipun demikian, kita juga tidak boleh asal mengkonsumsi berbagai jenis dikarenakan ada efek samping yang tetap harus kita waspadai.

Pada tahun 1975, ada sekitar 594 juta orang dewasa menderita tekanan darah tinggi dan pada saat tahun 2015 penderita darah tinggi mencapai 1 miliar orang di seluruh dunia.

Ayo mengenal berbagai tanaman herbal untuk obat darah tinggi yang bisa kita coba dan kita cari untuk menurunkan hipertensi seperti dilansir dari https://fokusjabar.id/

1. Kayu Manis

Kayu manis yang dianggap sebagai obat herbal bagi darah tinggi ampuh mengatasi gejala hipertensi, riset pada hewan telah menguji dan membuktikan bahwa kayu manis mampu bertindak sebagai obat-obatan herbal darah tinggi pada tikus. Tidak hanya itu ekstrak kayu manis juga digunakan dalam penelitian itu diberikan lewat infus, jadi para ahli belum sepenuhnya yakin efektivitas yang mengkonsumsinya secara oral dapat memberikan efek yang sama.

2. Kapulaga

Kapulaga yang terkenal sebagai penyedap makanan di Indonesia dan India, ternyata kapulaga juga dianggap mampu mengobati darah tinggi yang bisa mengatasi hipertensi, para peneliti membuktikan, 20 responden yang mengalami penurunan tekanan darah tinggi setelah menggunakan kapulaga sebanyak 1,5gram dalam satu hari selama 12 minggu.

3. Daun Basil

Daun basil termasuk kedalam golongan obat herbal darah tinggi yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, komponen yang bernama eugenol mengandung daun basil dan terbukti dapat mencegah pengetatan pembuluh darah, dengan demikian tekanan darah tinggi bisa teratasi, namun disayangkan penelitian ini dilakukan pada hewan, oleh sebab itu riset lebih lanjut membutuhkan manusia sebagai uji coba.

4. Jahe

Si kecil dengan segudang manfaat, ternyata jahe termasuk kedalam golongan obat herbal darah tinggi, dalam berbagai uji coba pada hewan, jahe terbukti mampu meningkatkan sirkulasi darah dan menenangkat otot-otot yang ada di sekitaran pembuluh darah, tekanan darah tinggipun bisa teratasi, namun tetap penelitian memerlukan manusia untuk membuktikan keampuhan jahe sebagai obat herbal darah tinggi.

5. Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai bumbu daput dan menyehatkan tubuh sudah tidak asing lagi, namun ketahuilah bawang putih dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak nitrogen oksida untuk pencegahan ketegangan pada pembuluh darah. Bawang putih juga dianggap sebagai obat herbal darah tinggi yang bisa mengatasi hipertensi.

6. Biji rami

Biji rami adalah obat herbal darah tinggi yang mampu mengatasi hipertensi, yang dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 didalamnya, peneliti menunjukkan bahwa mengkonsumsi 30-50 gram biji rami perhari selama 12 minggu dapat menghasilkan dan menjanjikan dalam mengobati hipertensi.

7. Benih Seledri

Di Tiongkok benih seledri telah digunakan sebagai obat herbal darah tinggi yang mampu mengatasi hipertensi, beberapa uji coba pada hewan juga membuktikan bahwa benih seledri berpotensi efektif mengatasi tekanan darah tinggi, para ahli mempercayai sejumlah komponen yang ada dalam kandungan benih seledri bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Kumis kucing

Kumis kucing juga dapat menjadi obat herbal darah tinggi karena kumis kucing berperan untuk diuretik dan peluruh batu ginjal, tanaman kumis kucing ini memiliki efek diuretik alami yang mengandung kalsium pada daun mempunyai inositol dan flavonoid sinsetin juga bisa berkontribusi terhadap efek kumis kucing.

9. Hawthorn

Hawthorn juga dianggap mampu mengobati penyakit darah tinggi yang ampuh meredakan hipertensi, dalam uji coba terhadap hewan ekstrak hawthorn dapar menurunkan tekanan darah tinggi dan dapat menyehatkan jantung.

10. Lavender Prancis

Lavender ini selain digunakan sebagai alat untuk mengusir nyamuk, tumbuhan lavender juga ternyata dipercaya sebagai obat herbal darah tinggi, dalam penelitian lavender terbukti dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah tinggi pada tikus, oleh sebab itu, riset pada manusia masih di perlukan

11. Temulawak

Temulawak adalah adalah tanaman yang berasal dari Indonesia secara tradisional tanaman temulawak ini digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, termasuk juga obat herbal alami darah tinggi atau hipertensi, temulawak juga terbukti mengandung flavonoid yang mempunyai fungsi untuk melindungi endotel vascular.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara temulawak dan kumis kucing, seledri, pegagan, kunyit dan meniran dosis 72 mg/kg bb dapat memberikan efek penurunan tekanan darah pada tikus WIstar hipertensi yang diinduksi prednisone 1,5mg/kg bb dan NACl 2 persen.

Silahakan mencoba bagi anda yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi, semoga tuhan selalu memberikan kesehatan bagi seluruh umatnya. ***

You may also like